Sabtu, 16 Oktober 2010

tugas isd bab 4

NAMA : FINI ERNA DEWI
KELAS : 1KA24
NPM : 12110786
KELOMPOK : 3

BAB 4

1. Menjelaskan peranan mahasiswa dan pemuda masyarakat
Materi : mahasiswa atau pemuda berperan penting dalam masyarakat. Pemuda atau mahasiwa merasa dirinya harus di bedakan sebab merak tergolong antara remaja dan dewasa. Pemuda sebagai nilai objek pastinya dapat mendukung dan menggerakan hidup dengan hal hal yang positif.
Teori : pemuda ataupun mahasiswa adalah generasi yang mempunyai berbagai macam harapan terutama dari generasi lainnya. Pemuda diharapakan dapat, menjadi generasi penerus. Maka dalam hal ini pemuda atau mahasiswa mempunyai peran penting dalam kehidupan masyarakat.
Studi kasus : banyaknya kerusuhan yang dilakukan oleh pemuda atau mahasiswa, contohnya tawuran atau bentrokan.
Opini : menurut saya pemuda dan mahasiswa menjadi bertingkah laku negative karena banyak factor contohnya lingkungan, keluarga atau bias juga lingkungan kampus.

2. Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda
Materi : yang dimaksud dari pola pembinaan dan pengembanagan generasi muda adalah agar semua pihak yang turut serta dan juga berkepentingan dalam penanganannya benar benar menggunakan pedoman hidup sehingga pelaksanaannya dapat terarah dengan baik, dan dapat mencapai tujuan yang dimaksud.
Teori : Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan oleh :
a. Landasan idil : pancasila
b. Landasan konstitusional : UUD 1945
c. Landasan strategis : Garis garis besar haluan Negara
d. Landasan histories : sumpah pemuda tahun 1928
e. Landasan normative : etika dan tata nilai
Dilihat dari landasan di atas bahwa diperlukan penataan kehidupan pemuda karena pemuda perlu memainkan peranan yang penting dalam pelaksanaan pembangunan.
Studi kasus : pemuda zaman globalisasi mempunyai tujuan yang berlawanan arah dengan landasan landasan yang ada. Maka dari sebab itu pemudanya kurang bersemangat dan berbeda dengan zaman dahulu atau zaman sebelum kemerdekaan.
Opini : harusnya pemuda zaman sekarang lebih giat dan bersemangat sebab saingannya semakin ketat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar