Sabtu, 16 Oktober 2010

tugas isd bab 3

NAMA : FINI ERNA DEWI
KELAS : 1KA24
NPM : 12110786
KELOMPOK : 3

BAB 3

1. Menyebutkan macam macam fungsi keluarga
Materi : Fungsi keluaga adalah suatu pekerjaan pekerjaan atau tugas tugas yang harus dilaksanakan dalam di dalam atau oleh keluaga itu. Tidak dipungkiri bahwa sebenarnya keluarga mempunyai fungsi yang tidak hanya terbatas selaku penerus keturunan saja.
Teori : Macam macam fungsi keluarga adalah :
a. Fungsi biologis : diharapkan keluarga dapat menyelenggarakan persiapan persiapan perkawinan bagi anak anaknyaagar terjadi proses kelangsungan keturunan.
b. Fungsi pemeliharaan : agar seluruh anggotanya dapat terlindung dari gangguan gangguan seperti gangguan udara, gangguan penyakit dan gangguan bahaya.
c. Fungsi ekonomi : orang tua di wajibkan untuk berusaha keras agar supaya setiap anggota keluarga dapat cukup makan dan minum, cukup pakaian serta tempat tinggal.
d. Fungsi keagamaan : keluarga diwajibkan untuk menjalani dan mendalami ajaran ajaran agama sebagai manusia yang taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
e. Fungsi sosial : keluarga berusaha untuk mempersiapkan anak anaknya untuk memperkenalkan nilai nilai dan sikap yang dianut masyarakat.
Studi kasus : banyaknya anak yang merasa broken home karena orang tua tidak dapat menjalankan fungsi kelurga itu sendiri
Opini : menurut saya semua keluarga di wajibkan menjalankan fungsi fungsi tersebut karena jika tidak menjalankan salah satunya maka yang rugi adalah kelurga itu sendiri.

2. Menjelaskan pengertian keluarga
Materi : keluaga didefinisikan sebagai jaringan orang orang yang tinggal bersama sama dalam waktu jangka tertentu dan mempunyai ikatan perkawinan dan kekerabatan antara yang satu dengan yang lainnya, kelurga juga dipahami sebagai kelompok manusia yang terikat oleh perkawinan, ikatan darah atau adopsi.
Teori : a. menurut Sigmund Freud kelurga dibentuk karena adanya perkawinan antara pria dan wanita.
b. menurut Adler keluarga di bangun oleh hasrat atau nafsu yang berkuasa.
c. menurut Durkheim keluarga adalah lembaga sosial sebagai hasil faktor faktor politik, ekonomi
dan lingkungan.
d. menurut Ki Hajar Dewantara keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang terikat oleh
satu turunan.
Studi kasus : Pada sebuah pedesaan yang bila mana ada anak perempuannya yang sedang datang bulan atau menstruasi maka anak itu akan dikucilkan. Entah itu adat istiadat darimana.
Opini : seharusnya keluarga yang baik tidak mengucilkan salah satu anggota keluarganya, sebab dapat berakibat buruk bagi yang dikucilkan. Keluarga yang baik adalah keluarga yang sayang terhadap seluruh anggota keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar