Minggu, 24 Oktober 2010

tugas isd bab 5

BAB 5 warga Negara dan Negara
NAMA : FINI ERNA DEWI
KELAS : 1KA24
NPM : 12110786
KELOMPOK : 3

Point 1
Pengertian Negara
Materi : Negara adalah organisasi yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat atau kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasikan oleh lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kedaulatan sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya.
Teori : alat dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan manusia dalam masyarakat dan juga Negara mempunyai kekuasaan yang paling kuat dan teratur
Studi kasus : Konflik Israel-Palestina ini bukanlah sebuah konflik dua sisi yang sederhana, seolah-olah seluruh bangsa Israel (atau bahkan seluruh orang Yahudi yang berkebangsaan Israel) memiliki satu pandangan yang sama, sementara seluruh bangsa Palestina memiliki pandangan yang sebaliknya. Di kedua komunitas terdapat orang-orang dan kelompok-kelompok yang menganjurkan penyingkiran teritorial total dari komunitas yang lainnya.
Opini : harusnya setiap Negara mempunyai pemerintahan yang kuat, adil dan bijak agar tidak terjadi perselisihan sperti yang terjadi pada studi kasus tersebut.
Point2
Tugas utama Negara
Materi : a. mengatur dan menertibkan gejala gejala kekuasaan dalam masyarakat yang bertentangan satu sama lainnya.
b. mengatur dan menyatukan kegiatan manusia dan golongan untuk menciptakan tujuan bersama yang disesuaikan dan diarahkan pada tujuan Negara.
Teori :
1. Mensejahterakan serta memakmurkan rakyat
Negara yang sukses dan maju adalah negara yang bisa membuat masyarakat bahagia secara umum dari sisi ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

2. Melaksanakan ketertiban
Untuk menciptakan suasana dan lingkungan yang kondusif dan damani diperlukan pemeliharaan ketertiban umum yang didukung penuh oleh masyarakat.

3. Pertahanan dan keamanan
Negara harus bisa memberi rasa aman serta menjaga dari segala macam gangguan dan ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar.

4. Menegakkan keadilan
Negara membentuk lembaga-lembaga peradilan sebagai tempat warganya meminta keadilan di segala bidang kehidupan.
Studi kasus : Negara sekarang banyak yang tidak menjalankan tugasnya contoh menghapus korupsi, menjaga nama baik Negara dan melindungi masyarakat
Saran : Harusnya Negara atau pemerintah bertindak secara bijak dan juga menjalankan tugas tugas Negara itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar